Tingkatkan Kinerja, Inspektorat Gelar Rakor Pengawasan Daerah

Rabu, 20 Desember 2017
Rakor Pengawasan Daerah di gedung BAPPEDA Kabupaten Sukabumi, Rabu (20/12). Dok Humas Setda


Palabuhanratu, SUARASUKABUMI.COM- Inspektorat Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar rapat koordinasi pengawasan daerah tahun 2017 di balai Pangripka, gedung Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Palabuhanratu, Rabu (20/12).

Acara  yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri ini diikuti para sekretaris/kabag tu/kabag umum,admin E-LHKPN dan E-LHKSN serta tim tindak lanjut hasil pemeriksaan pada perangkat daerah Kabupaten Sukabumi.


Ketua penyelenggara Dedi Sutadi SH berharap kegiatan yang akan dilaksanakan dari tanggal 20 Desember s/d 22 Desember 2017 ini dapat meningkatkan peran inspektorat sebagai lembaga informasi.


“Inspektorat dapat memberikan informasi sebagai bahan umpan balik bagi perbaikan dan peningkatan kinerja penyelenggara program di Pemkab Sukabumi. Informasi itu juga bahan evaluasi perkembangan tindak lanjut pengawasan APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah) dan BPK RI. Sebagai media konsultasi antara APIP dengan objek pemeriksaan/perangkat daerah,” ujar Dedi, Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Sukabumi.

Sementara Sekda menekankan pentingnya pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pengawasan merupakan alat bantu bagi manajeman untuk mencapai tujuan agar program Pemda berjalan efektif dan efisien.

“Pengawasan yang dilakukan oleh APIP wajib dilakukan agar visi, misi, tujuan dan sasaran pemerintah melalui program dan kegiatan dapat berjalan efektif dan efisien,” tandas Iyos saat memberikan kata sambutan. 

Baca Juga :

Kedatangan aparat pengawasan, lanjutnya, mengidentifikasi setiap permasalahan secara dini sehingga hasil identifikasi itu bisa diinformasikan kepada Kepala Perangkat Daerah untuk segera ditindaklanjuti.

“Pengawasan internal dapat menjadi lini terdepan dalam melakukan pembinaan dan pengawasan di lingkungan Pemda. Dengan menjalankan fungsi deteksi dini berbagai masalah dapat dicegah sebelum menjadi permasalahan yang mengarah pada indikasi terjadinya hal-hal yang keluar dari aturan,” pungkasnya. (Cep)


Bagikan Tweeter Google +

Suara Sukabumi on Facebook