Sosialisasi Pembebasan Lahan Tol Bocimi Sukses, PT. Trans Jabar Tol Optimis Berjalan Lancar

Senin, 19 Februari 2018
Sosialisasi pembebasan lahan jalan tol Bocimi di Villa Resti, Kadudampit, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senen (19/2).



SUARASUKABUMI.COM- PT. Trans Jabar Tol (TJT) kembali mengadakan sosialisasi pembebasan lahan jalan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi). Sosialisasi seksi III dan IV ini digelar di Villa Resti, Kadudampit, Kecamatan Cisaat, Senen (19/2).

Ratusan warga yang lahannya akan terkena pembebasan jalan tol yang berasal dari 3 Desa yakni Desa Sukasari, Sukamanah dan Nagrak tampak serius menyimak penjelasan dari narasumber yang hadir. 

Hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kab. Sukabumi, Kepala Badan Pertanahan Basional (BPN)  Kab. Sukabumi dan Tim dari Kementrian PUPR RI.

Kepala BPN Kab Sukabumi, Ir. Syafrian Himawan M.Si  mengatakan dari ketiga Desa tersebut ada 201 bidang tanah yang akan dibebaskan dengan 185 orang  pemilik tanah.



Harapan Kepala BPN kepada warga agar nantinya terlibat langsung dalam pelaksanaan pengukuran tanah. Saat pengukuran tanah, warga dapat ikut membantu. Dengan demikian tugas dari satgas pengukuran tanah lebih mudah. 

“Jadi mulai dari sekarang siapkan persayatan-persyaratannya seperti surat- surat tanah kepemilikan. Batas-batas tanah juga harus dicocokan terlebih dahulu dengan tanah di sebelahnya,  agar nanti pada waktu pelaksanaan pengukuran tiba tidak ada masalah dan proses pengukuran pun berjalan cepat,” tegasnya.


Ditempat yang sama, Koordinator Lapangan seksi III dan IV dari TJT, Mohamad Andy Herlambang  mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir dalam acara sosialisasi pembebasan lahan jalan tol Bocimi.

"Kami ucapkan terimakasih kepada warga Kecamatan Cisaat khususnya yang mempunyai lahan serta Muspikanya. Juga Kades Nagrak, Sukasari, dan Sukamanah. Serta Dinas Tata Ruang dan Pertanahan Kab Sukabumi, Kementrian PUPR, BPN dan Kejaksaan Negeri Kab. Sukabumi atas kehadiran dan sumbangsihnya di sosialisasi ini,” kata Andi.

Baca Juga :

Pembangunan jalan tol Bocimi ini, lanjut Andi, sangat penting demi kemajuan dan perkembangan perekonomian Sukabumi, baik itu Kota maupun Kab. Sukabumi. Karenanya pembebasan lahan hingga pembangunan jalan tol ini harus berjalan lancar. 

“Partisipasi warga terutama warga yang terkena pembebasan lahan untuk Jalan tol sangat dibutuhkan. Alhamdulilah dari kesan yang ditangkap, warga sangat mendukung dan bersedia di bebaskan lahannya. Kami optimis pembebasan lahan akan berjalan lancar," ungkap Andi.

Usman Rusman Kades Sukasari mengamini kesan yang ditangkap Andi. Menurut Kades, warga Desanya sangat menyambut baik dan siap membantu proses pembangunan jalan tol  Bocimi. 
"Alhamdulilah, warga kami sangat mendukung atas pembangunan jalan tol ini, terutama bagi 160 KK  yang lahannya terkena pembebasan.  Saya optimis proses pembebasan lahan di Desa kami akan berjalan kondusif. Sejak kemarin saya juga sudah  turun langsung ke masyarakat untuk membatu mensukseskannya.  Tol Bocimi adalah program negara yang harus kita dukung bersama-sama karena akan sangat berguna buat masyarakat Sukabumi," imbuhnya. (cep)


Bagikan Tweeter Google +

Suara Sukabumi on Facebook