22 Perusahaan Sabet CSR Award dari Bupati Sukabumi

Kamis, 21 Desember 2017
22 Perusahaan bersama Bupati Sukabumi usai acara CSR Award di Hotel Augusta, Cikukulu, Kamis (21/12).


Cikukulu, SUARASUKABUMI.COM- Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar acara Corporate Social Responsibility (CSR) Award di Aula Hotel Augusta Cikukulu, Kamis (20/12). CSR Award atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Kemitraan dan Bina Lingkungan (TJSPKBL) diberikan kepada 22 perusahaan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Acara ini sekaligus pengukuhan Forum TJSPKBL Kabupaten Sukabumi.

Dalam pidato sambutannya Bupati menyampaikan bahwa karakteristik wilayah, penduduk dan struktur ekonomi Kabupaten Sukabumi merupakan lokasi yang potensial bagi tumbuhnya berbagai industri. Sebagai salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki basis industri dengan jumlah perusahan yang relatif banyak,  potensi CSR yang besar harus dimaksimalkan penggunaannya.

“Selama ini pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan, baik melalui program CSR bagi perseroan atau melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di BUMN, itu semua telah berjalan.  Namun perlu ada upaya peningkatan derajat sinergitas dan sinkronisasi kegiatan yang sumber pendanaan pembangunannya di luar APBD tersebut, untuk dapat diarahkan sesuai dengan prioritas pembangunan yang direncanakan, agar dapat berdaya guna secara optimal,"  ungkap Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami.


Hasil evaluasi saat ini, lanjutnya, program dan kegiatan CSR yang dilaksanakan oleh perusahaan masih bersifat sporadis, kurang fokus, mayoritas bersifat amal (charity), bersifat jangka pendek dan tidak terintegrasi dengan prioritas pembangunan daerah. 

"Sehingga apa yang menjadi harapan kita agar program CSR dapat menjadi salah satu alternatif pembiayaan pembangunan daerah di luar APBD belum dapat diukur capaian kinerjanya sebagaimana target pembangunan jangka menengah daerah," kata Bupati.

Dengan terbitnya regulasi daerah tentang TJSPKBL,  diharapkan koordinasi serta komunikasi pembangunan antara Pemda dan perusahaan dapat terjalin dengan baik. 

Baca Juga :


“Untuk itu, perlu adanya kesepahaman antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha serta berbagi peran sebagaimana kapasitas masing-masing. Pembentukan Forum Ini layak kita lakukan , karena Forum CSR ni untuk menjawab jangan sampai CSR  itu dikeluarkan oleh perusahaan hanya sifatnya di wilayah itu saja. CSR itu juga diperlukan di daerah lain yakni 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Lewat forum CSR ini diharapkan penyebaran dana CSR dapat membantu pemerataan pembangunan sesuai hasil musrembang,” tambah Bupati.

Turut hadir dalam acara ini Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, para kepala perangkat daerah, ketua Apindo DPK Sukabumi, perwakilan perusahaan, perwakilan perguruan tinggi dan LSM. (Cep)

Bagikan Tweeter Google +

Suara Sukabumi on Facebook