Cetak Generasi Penghapal Al Quran, Mahasiswa Asal Sukabumi Ciptakan Aplikasi Rubin

Rabu, 12 April 2017 Pendidikan   
Ruston Pirmansyah, mahasiswa pasca sarjana jurusan Sistem Informasi UNIKOM Bandung, penggagas program Rubin saat diwawancarai wartawan.,

 

Bandung, SuaraSukabumi.com- Mahasiswa asal Sukabumi kembali membuat prestasi di level Jawa Barat. Kali ini, Ruston Pirmansyah, mahasiswa pasca sarjana jurusan Sistem Informasi UNIKOM Bandung, membuat inovasi tentang rumah binaan (Rubin) mahasiswa berbasis aplikasi android.

Rubin adalah program pembinaan untuk mahasiswa yang kos atau tidak mampu memiliki kos di Bandung. Rumah yang disiapkan akan disediakan untuk tempat kos mahasiswa dengan fokus pembinaan mengkaji dan menghafal Alquran.




Kami berharap dengan dilaunchingnya aplikasi Rubin ini dapat mengumpulkan lebih banyak lagi donatur, terutama donatur yang memiliki rumah di Bandung namun tidak terisi, maka dapat bergabung dengan meminjamkan pada kami minimal satu semester (enam bulan)," ujar Ruston saat press conference launching Rubin di Kantor MUI Kota Bandung, Jalan Sadang Serang, Senin (10/4).




Di rumah binaan itu, lanjut Ruston, mahasiswa setiap harinya akan diajak menghafal Alquran. "Mahasiswa kita ajak menghafal dengan satu orang mahasiswa target per tahunnya dua juz atau dalam satu semester satu juz. Jadi selama empat tahun dia kuliah maka bisa menghafal delapan juz. Lalu, kami kerjasama dengan komunitas one day one juz, dengan tujuan hidupkan rumah binaan dengan bacaan ayat Alquran, serta salat berjamaah di masjid dengan masyarakat sekitar," tandasnya.

Ruston berharap makin banyak rumah yang disumbangkan para donatur untuk program Rubin ini. "Saat ini baru terdapat tiga rumah yang nantinya menjadi rumah binaan. Ketiga rumah itu pun ada yang berasal dari linknya Ketua MUI, Miftah Faridl dan Kepala Dinsos, Tono Rusdiantono. Mudah-mudahan ada donatur dari Sukabumi yang akan ikut menyumbang," tutupnya. (rus)

Bagikan Tweeter Google +

Suara Sukabumi on Facebook