Sosialisasi Pembebasan Lahan Tol Bocimi Seksi III dan IV di Kec Sukabumi, Warga : Yang Terpenting Tidak Ada Yang Dirugikan

Rabu, 21 Februari 2018
Sosialisasi pembebasan lahan jalan tol Bocimi di Desa Sukajaya, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi.


SUARASUKABUMI.COM- Sosialisasi pembebasan lahan Jalan tol Bocimi (Bogor, Ciawi, Sukabumi) seksi III dan IV hari ini, Rabu (21/2), dilaksanakan di Balai Desa Sukajaya, Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan yang diadakan oleh PT. Trans Jabar Tol (TJT) tersebut dihadiri ratusan warga dari tiga Desa yang lahannya terkena dampak pembagunan Jalan tol Bocimi, yakni warga Desa Sukajaya, Warnasari dan Sundajaya Girang.

Sepanjang acara, ratusan warga tampak serius mendengarkan penjelasan seputar proses pembebasan lahan dari para narasumber diantaranya dari pihak  PT. TJT, Kementrian PUPR RI, Kepala  BPN Kab Sukabumi, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kab Sukabumi serta perwakilan dari Kejaksaan Negeri Cibadak.




Kepala BPN Kab Sukabumi, Ir. Syafrian Himawan M.Si mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah mendukung program pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan tol Bocimi, terutama bagi warga yang lahan atau bangunannya terdampak.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Koordinator Lapangan seksi 3 dan 4 pembangunan jalan tol Bocimi dari PT. TJT, Mohamad Andy Herlambang. Andi bersyukur beberapa kali sosialisasi pembebasan lahan jalan tol Bocimi yang sudah dilakukan berlangsung sukses dan lancar.

“Sudah 4 kali kami mengadakan sosialisasi ini. Alhamdulilah, semuanya berjalan baik. Masyarakat yang datang selalu antusias mendengarkan paparan narasumber. Saya ucapkan terima kasih kepada warga Kec Sukabumi, khususnya warga yang lahan terdampak pembangunan Jalan tol  Bocimi. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para nara sumber yang hadir dan jajaran Muspida Kab Sukabumi, Muspika Kec Sukabumi serta para Kepala Desa yang juga telah hadir  dalam kegiatan ini,” kata Andi.

Baca Juga :

Sementara itu, Kepala Desa  Warnasari, Muchtar Sophian berpendapat bahwa pembangunan jalan tol Bocimi ini sangat bagus terutama untuk mengurai kemacetan.

“Apabila ada jalan tol kemacetan di Sukabumi akan terurai dengan begitu sangat menguntungkan bagi warga untuk menjalankan roda perekonomiannya. Pada dasarnya warga Desa kami sangat mendukung sekali, terutama yang lahannya terkena dampak. Sekitar 80 bidang tanah terkena pembebasan lahannya. Warga mendukung asalkan proses penggantiannya tidak merugikan pihak manapun, artinya sesuai dengan aturan yang berlaku. Maka itu saya akan kawal terus program ini sampai tuntas  agar berjalan dengan lancar dan kondusif," tegas Kades Warnasari.

Hal senada juga dikatakan Dede, warga Kampung Panjalu, Desa Warnasari. “Walaupun lahan saya kena gusur tapi mau tidak mau saya harus mendukung program ini, karena ini adalah program dari pemerintah. Bagi saya yang terpenting nantinya tidak ada pihak-pihak yang dirugikan," ujarnya. (cep)

Bagikan Tweeter Google +

Suara Sukabumi on Facebook