PT. Trans Jabar Tol Sosialisasikan Pembebasan Lahan Tol Bocimi di Desa Cijengkol

Kamis, 15 Februari 2018
Sosialisasi pembebasan lahan tol Bocimi di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Kamis (15/2).


SUARASUKABUMI.COM-  Ratusan warga Desa Cijengkol dan Mekarjaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, yang lahannya terlintas pembangunan Jalan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) berkumpul untuk mengikuti sosialisasi yang di selenggarakan oleh PT. Trans Jabar Tol (TJM), di Aula Desa Cjengkol, Kecamatan Caringin. Kamis (14/2).

Acara tersebut juga dihadiri Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sukabumi, Dinas Pertanahan Tata Ruang Kabupaten Sukabumi dan Kementrian PUPR.

Diketahui, seksi III jalur tol Bocimi ini meliputi Cibadak-Sukabumi sepanjang 13,7 kilometer dan seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13,05 kilometer. Rencananya  pembebasan tanah akan rampung tahun ini.


Menurut Andi, perwakilan dari PT. TJT, harga pengganti lahan yang terdampak tol Bocimi dari pemerintah  belum diketahui nominalnya. “Pihak kami hanya mensosialisasikan titik-titiknya saja, serta kesiapan dokumen kelengkapan kepemilikan tanah dan bangunan kepada masyarakat yang lahannya terlintas pembangunan tol Bocimi. Mengenai harga kita belum ketahui secara pasti karena ada lembaga khusus yang menghintungnya, nanti kita hanya tinggal membayar saja,” jelas Andi.

Sementara itu, Kepala BPN Kabupaten Sukabumi, Ir. Syafrian Himawan M.Si., menambahkan, pengadaan tanah tahap II ini dilaksanakan oleh satuan tugas (Satgas). “Kita bentuk dua satgas, satgas A  bertugas dalam teknis pengukuran, pemetaan dan satgas B menginventarisasi lahan,” imbuhnya. 

Ditempat yang sama Kepala Desa Cijengkol Haer Hermansyah  mengatakan, pada prinsipnya Kepala Desa dan Warga sangat mendukung program jalan tol ini. “Warga  yang lahannya kena jalan tol sangat mendukung, tapi dengan catatan satu dengan yang lainnya tidak dirugikan, karena ini adalah bagian dari Program Strategis Nasional(PSN) yang harus kita kawal dan dukung bersama-sama," katanya.

Baca Juga :

Kepala Bagian Sarana dan Prasarana Daerah Sekertariat Daerah Kabupaten Sukabumi H. Eki R. Rizky juga mengapresiasi warga yang mendukung program pemerintah ini.
"Pada umumnya para pemilik tanah setuju dan mendukung proses pengadaan tanah. Pelaksanaan sosialisasi tanah berjalan dengan aman, tertib dan kondusif,” terangnya.

Sementara Kadis Pemukiman dan Tata Ruang Kabupaten Sukabumi, Asep Suherman menyampaikan bahwa apabila terdapat permasalahan dilapangan agar diselesaikan secara musyawarah bersama Camat, Kepala Desa dan tim satgas untuk memenuhi mufakat bersama. (cep)

Bagikan Tweeter Google +

Suara Sukabumi on Facebook